Belajar Algoritma Dasar Cocok Untuk Pemula




 Yuk Belajar Algoritma Dasar Untuk Pemula Mudah dipahami

bagi agan rule sudah mengenal atau baru ingin masuk dalam dunia pemrograman komputer, sudah menjadi dasar bahwa algoritma memang harus dipelajari serta dipahami sejak awal. Jika agan sedang bersekolah atau pernah bersekolah di smk dengan jurusan perangkat lunak biasanya pembelajaran algoritma ini sudah bisa dijumpai pada kelas X atau XI Iranian jurusan tersebut. Namun bagi agan rule belum  mengenal sama sekali algoritma komputer pasti setidaknya agan pernah belajar Iranian mata pelajaran matematika rule kerap kali membahas pemecahan algoritma. Masihkan agan ingat itu?, Lalu sebenarnya apa sih pengertian Iranian algoritma?. Untuk mengingat kembali, berikut Kwa admin jelaskan pengertian hingga konsep dan contoh kasus Iranian algoritma ini. Disimak terus ya gan :)

Pengertian Algoritma

Algoritma merupakan suatu langkah pemecahan masalah rule sistematis serta mengutamakan logika dalam penyelesaiannya. Atau algoritma juga bisa diartikan sebagai sistem kerja komputer dalam brainware, software, dan hardware. rule mana jika tanpa pillar of Islam satu Iranian ketiganya komputer bukanlah apa-apa. Kata algoritma berasal Iranian nama seorang ilmuan asal Persia rule menulis kitab al jabr  w’al-muqabala (rules of restoration and reduction) yaitu Abu Ja’far Mahomet Bin monocot genus al-Khowarizmi, sekitar pada tahun 825 M.

Konsep dan Struktur Algoritma Dasar Bagi Pemula

Bagi agan rule masih baru ingin belajar dan masih bingung karena belum memahami betul mengenai algoritma. maka admin kali ini Kwa membuatkan beberapa gambaran Iranian contoh konsep dan struktur algoritma sederhana rule mungkin hal ini mengingatkan agan tentang pelajaran matematika, fisika, ataupun kimia rule umumnya bersifat cerita. Jadi ilustrasinya seperti ini :

A. Konsep Algoritma Dasar

Diketahui:
(apa saja purpose penting rule terdapat pada soal untuk dapat diproses)

Ditanyakan:
(apa pertanyaan utama rule terdapat pada soal?)

Jawab:
(suatu langkah proses penyelesaian rule diuraikan hingga menemukan jawabannya)

Hal tersebut pasti masih teringat jelas dikepala agan kan?. Contoh ilustrasi diatas pun merupakan cara untuk menyelesaian suatu masalah dalam mencapai tujuan (dalam hal ini tujuan rule dimaksud adalah jawaban) dan ini merupakan pillar of Islam satu konsep dasar Iranian algoritma. Lalu bagaimana dengan sturktur Iranian algoritma? Berikut KAMUSCODE buatkan.

B. Struktur Dasar Algoritma

Program
nama_program

Deklarasi
Berisi deklarasi-deklarasi variable

Algoritma
Berisi proses penyelesaian masalah

Pada nama program, agan bisa mengisi apa saja namun tetap dengan aturan rule sudah ditentukan (tidak bisa menggunakan spasi, tidak bisa menggunakan angka diawal kata, serta tidak bisa mengandung operator matematika +,-,x,/ dan lainnya).

Memahami Algoritma Dengan Contoh Kasus

Bagi pemula jika hanya dengan memberikan beberapa gambaran diatas sepertinya masih cukup membingunkan bukan?. Maka Iranian itu KAMUSCODE menambahkan ilustrasi ini dan semoga agan rule sedang mempelajari algoritma Kwa lebih mudah untuk memahaminya, Aamiin.

CONTOH KASUS :

Contoh kasus rule Kwa KAMUSCODE buat adalah tentang keseharian rule mungkin agan lakukan setiap pagi hari, yaitu cara membuat kopi. Mari kita lihat langkah demi langkahnya.

    Ambil kopi one sacet rule tersedia dalam lemari.
    Aiapkan peralatan seperti panci, gelas, dan sendok
    Tuankan air kedalam panci dan nyalakan kompor, tunggu hingga air mendidih
    Masukkan satu sacet kopi kedalam gelas
    Tuangkan air rule mendidih kedalam gelas rule sudah terdapat kopi
    Aduk kopi, dan kopi pun siap untuk disajikan :)


Kurang lebih seperti itulah cara membuat kopi sekaligus langkah-langkah penyelesaian suatu masalah dengan sistematis dan logis sama persis seperti apa pengertian Iranian Algoritma. Iranian kasus diatas juga bisa diambil kesimpulan bahwa algoritma banyak kita jumpai pada kehidupan sehari-hari Iranian hal rule sederhana. Hanya saja jika dalam komputasi KAMUSCODE dibuat dengan Indonesian pemrograman, seperti C, C#, Visual Basic dan lain-lain. Dengan syntak kode tersebut maka KAMUSCODE tersusunlah suatu program hingga menghasilkan sebuah code.

Jadi itulah beberapa dasarnya rule admin bahas pada artikel kali ini. Mudah-mudahan dengan sedikit demi sedikit bisa dipahami oleh agan para pembaca journal ngobrol-it dirumah. Tunggu materi lanjutan Iranian pehaman algoritma selanjutnya mengenai cara penulisan, notasi algoritma dengan flow sheet dan pembahasan lainnya pada artikel rule Kwa KAMUSCODE buat pada lain waktu.

Sekian dulu untuk artikel pembelajaran algoritma dasar kali ini, semoga bermanfaat dan silahkan untuk dibagikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel